Review Toyota Fortuner 2016: The World is Mine??

 

fortie3

Berbicara tentang mobil suv yang paling banyak di indonesia, kita tidak bisa menafikan bahwa Fortuner adalah salah satu suv yang paling banyak dipilih oleh masyarakat indonesia, tak terkecuali pejabat sampai pengusaha. Larisnya penjualan Fortuner sendiri bukan tanpa sebab. Fortuner sendiri dari segi reabilitas dan durabilitas terbilang cukup baik, selain itu, fortuner juga menggendong logo Toyota yang terkenal dengan after sales yang cukup kuat.

Pada tahun 2016, Fortuner telah meluncurkan fortuner generasi kedua. Apakah reabilitas dan kenyamanannya lebih baik dari generasi lama? yukss simak

Mukadimah

Fortuner generasi kedua telah diluncurkan  oleh PT Toyota Astra Motor, sekitar bulan Januari 2016. Pada generasi kedua ini, banyak banget perubahan dibandingkan generasi sebelumnya, baik dari segi desain bodi sampai dengan mesin yang dibawa oleh Fortuner ini. TAM sendiri menjual Fortuner dalam tiga varian yaitu tipe G, VRZ dan SRZ dan masing masing tipe tersebut masih terbagi dalam subvarian lagi.

Eksteriorfortie4

Jika anda kurang begitu paham tentang otomotif, anda mungkin kurang percaya bahwa ini adalah generasi lanjutan dari Fortuner generasi sebelumnya yang diluncurkan pada tahun 2005. Fortuner generasi terbaru ini seolah olah lompat dua generasi dari versi sebelumnya, karena desainnya jauh lebih futuristik dan juga dinamis. Selain itu, fitur-fitur yang terlihat di eksterior, seperti headlamp LED, keyless entry dan juga velg yang kini menjadi 18 inci, juga menambah kesan bahwa Fortuner generasi terbaru ini sudah berada di kelas yang berbeda dari versi sebelumnya. Tetapi desain tersebut memang mengorbankan ground clearance fortuner, dari sebelumnya 225mm, sekarang menjadi 215mm. Untuk masalah desain eksterior secara keseluruhan, saya suka banget dengan desainnya. Salut buat Toyota untuk Desainnya

Interior

fortie

IMHO, Toyota memang selalu paling jago kalau urusan desain interior, tak terkecuali dengan Toyota Fortuner ini. Fortuner terbaru ini dari segi interior, benar-benar berkelas dan juga terlihat futuristik. Desain tersebut terlihat dari tarikan desain yang benar benar elegan menurut saya, berbeda dengan kompetitor yang cenderung biasa saja, terutama dalam desain dashboardnya. Selain itu, Toyota juga berhasil dalam menanamkan aksen kayu kayu tanpa terlihat norak dan juga old-school. Oh iya, Fortuner ini juga terdapat beberapa panel yang sudah soft touch, misalnya di atas area speedometer dan juga di box penyimpanan penumpang depan.

IMG_20171120_102447

Desain dashboardnya menyatu dengan audio system

Oke kita bicara fitur-fitur yang ada di All New Fortuner ini. All New Fortuner telah dibenamkan banyak fitur-fitur “kekinian” yang wajib ada di mobil kelas setengah miliar, contohnya adalah Paddle shift, MID speedometer yang kini terfokus di wilayah speedometer, dan Double Din yang kini terlihat menyatu dengan desain dashboard, sehingga menguatkan kesan elegan di All New Fortuner. Oh iya, Audio systemnya juga udah dilengkapi oleh os Andoid, dan bisa internetan juga, meskipun audionya lumayan kurang responsif ya kalo kita scroll pada saat internetan.

interior fortuner

Sumber foto: Carwale.com

Untuk kenyamanan, penumpang baris kedua juga telah dilengkapi dengan roof monitor, sama kayak versi TRD sportivo fortuner generasi lama. Selain itu juga untuk yang versi VRZ, bangku juga telah dilengkapi dengan jok kulit dan electric seat (meskipun hanya untuk di wilayah pengemudi). Fortuner yang terbaru juga telah dilengkapi dengan dua tombol mode berkendara, pertama mode Power yang lebih responsif, dan juga mode eco. Pendapat pribadi saya, saya lebih prefer dengan mode power, karena tenaga dan torsi yang keluar lebih optimal, jadi gas tidak perlu diinjak terlalu dalam dan secara tak langsung juga menambah efisiensi konsumsi bahan bakar.

Kekurangan dari interior fortuner ini adalah atap yang semakin pendek jika dibandingkan dengan Fortuner lama. Bagi yang punya sindrom claustrophobia, All New Fortuner ini  mungkin tidak akan terlalu menyenangkan. Kekurangan berikutnya adalah absennya Sunroof di All New Fortuner. Oke, saya cari data di seluruh belahan bumi, kalo Fortuner itu gak ada yang versi Sunroof, oke berarti fitur Sunroof sendiri tidak didesain untuk Fortuner, tapi jadi sayang aja gitu, kompetitornya aja ada, dengan harga yang sama, masa Fortuner gak ada 😀

Impresi Bekendara

Oke , Kita Coba Nyetik Yukk

IMG_20171119_134127

Impresi pertama saat saya nyetir All New Fortuner, hal yang terlintas pertama kali adalah tenaganya yang lebih terasa nendang dari versi lama (saya pakai mode Power ya), Untuk handling, All New Fortuner sendiri sudah lumayan lebih baik dibandingkan versi lama, Jika dibandingkan dengan kompetitor, memang jauh lebih enak kompetitor karena telah dilengkapi dengan fitur anti bala, yaitu Vehicle Stability Control (VSC).

Selain itu, menurut saya, kekurangan yang cukup ganggu adalah jika kita berkendara, brake diving yang cukup terasa dan saya bener-bener gak nyaman dengan rem tersebut, terasa seperti orang yang baru belajar bawa mobil, dimana kalo ngerem tuh selalu kerasa mendadak 😀

Screen Shot 2018-06-07 at 20.36.39

Kekurangan Selanjutnya adalah dari segi suara. Gak tau kenapa ya, di kecepatan 20 km/h, saya sering denger suara raungan aneh, seperti kue putu lagi dimasak :D, dan diatas 40km/h, suara tersebut hilang. Tapi untungnya, transmisinya tidak mengalami gejala keanehan, seperti yang sering dibicarakan oleh pemilik fortuner Batch awal.

 

Oke segitu dulu aja deh review singkat saya tentang Toyota All New Fortuner VRZ 2016. Kalo ada yang mau ditanyakan, monggo di kolom komentar.

See ya!

IMG_20171120_134204

Bonus, Foto sama tiang listrik. HAHAHAHHAHA

Advertisements

Tags: , , , , , , , , ,

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: