Archive | July 2016

Ganti Kampas Rem Vespa LX 150

Seiring mulai tuanya vespa saya, beberapa parts mulai menurun kinerjanya, salah satunya adalah bagian pengereman. 

Vespa LX saya terasa mulai blong remnya beberapa minggu terakhir, dan setelah dicek, waduh kampas remnya udah tipis. Alhasil, meluncurlah saya ke daerah otista. 

Setelah sampai di otista, saya cari-cari toko yang khusus menjual barang vespa dan akhirnya ketemu juga tokonya. Sesampainya di toko, saya diberi kampas rem buatan danmotor.


Menurut beberapa review yang ada sih, kampas rem danmotor katanya lebih pakem dari pada kampas original vespa buatan vietnam. 

Rencananya saya sih mau ganti kampas rem bagian depan sama belakang, tapi karena stok kampas rem belakang habis, akhirnya saya hanya ganti kampas rem depan saja. 


Setelah terpasang dan berjalan sekitar 10km, performa kampas rem vespa buatan danmotor mulai terasa. Emang lebih pakem sih. Keren!!! πŸ˜‚πŸ˜‚

Oh iya, kampas rem depan vespa buatan danmotor ini bisa ditebus dengan harga 40 ribu dan kampas belakang sekitar 100 ribu. Harga belum termasuk ongkos pasang.

Ciao, semoga infonya berguna!!

πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚

Advertisements

Yuk Kupas Tuntas Perbedaan Jazz GE8 dan GK5!

Halo teman-teman,

Akhirnya baru sempet nulis lagi nih setelah sibuk “dikerjain” sama orang-orang yang minta project “thank you” πŸ˜€

Pada kali ini, saya bakal ngebahas tentang perbedaan antara Jazz Ge8 generasi awal (2008 – 2011) sama jazz Gk5 generasi awal juga (Gk5 sudah facelift bulan mei 2016 dengan penggantian head unit floating yang super norak itu πŸ˜€ ). Yuk simak

IMG_2526

Mukadimah

Nama Honda Jazz di Indonesia cukup dikenal dikalangan orang tua sampai anak-anak kecil yang mengagumi lagu-lagu Young Lex (wakakakkkaka). Honda Jazz diperkenalkan pada tahun 2004 dengan kode produksi gd3 dan pada tahun 2008 muncul dengan penyegaran wajah yang lebih segar dan juga mesin yang sudah dilengkapi dengan i-vtec. Pada tahun 2014, Honda kembali meluncurkan Jazz dengan kode produksi GK5 dengan beberapa fitur gimmickΒ  canggih.

IMG_2516

Nah, unit yang saya sempet punya adalah unit ge8 dan Gk5. Perbedaannya cukup jauh menurut saya, mulai dari bentuk bodi yang mulai cenderung aneh belakangnya sampai dengan penurunan kualitas interior yang kayaknya semakin menipis.

Eksterior

Perbedaan yang terasa cukup jauh dan jika orang awam tidak melihat secara fokus. Honda Jazz Ge8 dan GK5 seperti bukan dua generasi lanjutan. Jika dilihat dari luar, Jazz Ge8 cenderung kalem, hal tersebut bisa terlihat dari lekukan desainnya yang tidak terlalu frontal dan Jazz GK5 terasa terlalu sporti dengan lekukannya yang cenderung agresif. Peningkatan dan Pengurangan fitur bisa terlihat dari luar seperti Jazz GK5 menambah lampu proyektor yang dilengkapi dengan Led lamp yang menurut saya kurang terang dan juga adanya lampu senja yang berbentuk seperti DRL yang menurut saya peletakannya sungguh amat sangat buruk πŸ˜€

Selain itu, ada beberapa fitur yang menurut saya sebuah kemunduran adalah dari sisi pengereman. Jazz Ge8 pada keempat rodanya telah dilengkapi dengan rem cakram dan pada Jazz GK5, Honda “menguranginya” dengan menyematkan rem tromol di roda belakang. Honda harus meyakinkan orang-orang awam seperti saya nih, yang punya mindset “rem cakram lebih baik dari tromol”.

Hal yang saya gak suka adalah dari sisi belakang GK5. hal tersebut diperparah dengan penambahan chrome di garis diatas plat nomor yang menurut saya jelek banget di GK5 πŸ˜€ . beberapa modifikator banyak yang menggantinya dengan warna hitam dan motif carbon. Untuk Jazz GE8, saya tidak menemukan hal yang saya gak suka πŸ˜€

 

Interior

IMG_4174IMG_4097

Masuk ke dalam dua mobil ini, auranya beda banget, jika GE8 eksteriornya cenderung kalem dan GK5 Sporty, sekarang kebalikannya. Jazz Ge8 nuansa sportinya cukup terlihat dari lekukan dashboardnya yang serba nabrak dan GK 5 cenderung mengarah ke elegan dan futuristik. Selain desain dashboardnya, pewarnaan speedometernya juga menurut saya merepresentasikan fokus mereka. Jazz Ge8 berwarna orange yang secara psikologis berarti sebuah keberanian dan optimisme Β dan GK5 berwarna biru yang berarti sebuah ketenangan.

Fitur pada interior Jazz GE8 cukup sederhana, ada Audio Kenwood yang bisa memutar beberapa format, seperti mp3, wav, m4a (itunes) dan ada slot aux dan USB juga. Oh iya, Jazz Ge8 tidak ada steering switch control standarnya.

IMG_4043

Sedangkan Jazz GK5, Terlihat fitur gimmick yang sebenernya gak kepake sih, contohnya adalah di Head Unit. Head Unit Jazz GK5 adalah JVC KW-V10 dan saya sendiri merasa bahwa head unit ini gak terlalu bagus, karena beberapa format tidak bisa diputar di head unit ini, contohnya adalah format m4a. Format m4a adalah format yang biasanya tersedia apabila kita membeli lagu asli lewat Itunes. Ibaratnya gini, udah gencar-gencar untuk membeli lagu asli, tetapi mereka tidak melakukan dukukan teknis secara spesifik (abis itu langsung download mp3 bajakan).

Untuk Build quality Β pada Interior Jazz GK5, entah kenapa saya melihat seperti ada penurunan ketebalan material di dashboard. Penurunan tersebut terlihat pada saat saya menekan beberapa titik plastik, salah satunya adalah di atas speedometer. Plastiknya cenderung elastis dan door trimnya juga goyang saat ditekan. Tapi menurut saya Honda mengemasnya cukup baik sehingga materialnya terlihat seakan-akan tebal dan bagus.

 

Impresi Berkendara

Mengendarai dua kendaraan ini cukup beda menurut saya Feelnya. Jazz Ge8 cenderung keras dan suara bannya masuk di kecepatan 40 km/h, sedangkan Jazz GK5 yang lebih lembut dan kekedapan interiornya lebih baik dari generasi lama. Tetapi jazz Gk5 terasa gak mantap di kecepatan tinggi dan setirnya terlalu enteng (karena sudah pakai eps), jadi agak waswas gitu kalo dibawa diatas 100km/jam.

IMG_3277

Hal yang menurut saya mengagetkan adalah rem Jazz GK5 yang lebih pakem dari GE8. Jadi cakram gak mutlak diatas rem tromol sih πŸ˜€

Oh iya, Jazz GE8 udah discontinued, Harga second Jazz tahun 2010 sekitar 150 jutaan (baru dijual soalnya πŸ˜€ ) dan Jazz GK5 RS AT dijual sekitar 260 jutaan.

Jadi, anda pilih yang mana? πŸ˜€