Masalah yang Muncul Setelah Pemasangan Kopling Hidrolik + Master Rem KTC

Sebelumnya, saya telah membahas tentang pemasangan kopling hidrolik + master rem KTC di Ninja 250 karbu saya.

20150611-100259.jpg

Setelah perangkat tersebut terpasang, masalah baru muncul, yaitu:

1. Lampu rem depan tidak bisa menyala

20150611-101711.jpg

Master rem ktc yang saya beli, tidak dilengkapi dengan switch untuk lampu rem. Alhasil, ketika rem depan ditekan, lampu rem tidak menyala. Tapi gak masalah lah, kan lampu rem belakang masih nyala!

2. Switch starter kopling tidak bisa dipakai.

20150611-101817.jpg

Biasanya, ketika saya mau menyalakan mesin dalam keadaaan gigi 1, saya tinggal menarik kopling saja, dan mesin menyala. Setelah dipasang kopling hidrolik dipasang, kebiasaan tersebut tidak bisa saya lakukan lagi, karena master kopling KTC tidak dilengkapi dengan switch. 😭😭

3. Kabel choke terpaksa harus tergusur

20150611-102134.jpg

Pemasangan kopling hidrolik ini harus mengorbankan kabel choke, karena kabel choke yang mentok dengan master kopling.

4. Selang rem mentok di fairing

20150611-102431.jpg

Berbeda dengan master rem standar, posisi “colokan” selang rem ktc berada di bawah master rem, jadi mentok kena fairing dan ketika ditekuk sedikit, selang remnya tidak sampai, Mekanik sportisi sendiri memberi saran, agar mengganti selang rem bawaan pabrik dengan yang selang rem yang lebih panjang. Ujung ujungnya banyak juga habisnya 😥😥😥

20150611-103303.jpg

Advertisements

Tags: , ,

12 responses to “Masalah yang Muncul Setelah Pemasangan Kopling Hidrolik + Master Rem KTC”

  1. Agus Surya says :

    Btw masalah selain itu ada gak bro? misalnya bocor, kopling gk fungsi, dsb

  2. rahmat hidayat says :

    Jauh ngak enak nya sma yg standar mas…sya mw beli klu ad yg bekas sma agan atw sma kwan nya kbrin ya gan….

  3. robby al says :

    ada poto lebih detail lgi ga tntng mentoknya kabel choke,,,,,

  4. Jono says :

    Bro , kira2 ada yg jual switch stater kopling gak? Jadi masih fungsi switch staternya walaupun pake hidrolik,
    Terus kopling hidrolik ktc ada keluhan lain gak? Misal habis di kopling, handlenya cepet lepas (jadi gampang mati) mesinnya, duh susah ungkapinnya, kaya orang baru belajar motor kopling kan sering mati2 tuh, kaya gtu gak? Atau aman2 aja pake kopling hidrolik, trims

    • jerryadipradian says :

      Switch starter ya? Setau gue sih belum ada yang jual khusus KTC sih. Kalo ada, gue juga mau beli soalnya.

      Kalo masalah pelepasan traksi sih gak ada masalah, sama kayak kopling kabel kok, bedanya jadi lebih enteng aja sih 😁😁

      Kopling juga gak masalah sih, kan mekanisme kopling hidrolik tuh kayak ngeganti sistem mekanik (kabel), jadi gak sampe ngebongkar area mesin 😁😁😁

  5. Agus says :

    Bagi yg ingin pasang kopling hidrolik, pemilihan stud yg sy terapkan di CBR 250rr memakai merk RCP. Dikarenakan memiliki dimensi yg ramping, poros lebih panjang dan oil sealnya ganda. Sedangkan selang, bisa menggunakan produk RCB dengan panjang 120cm-130cm berbahan teflon yang tahan panas. Minyaknya bisa menggunakan DOT 3 atau DOT 4. Untuk masternya , sy menggunakan kepunyaan yamaha N-Max. Dikarenakan switch yg berdimensi besar, maka harus membuat adapter di tukang bubut dengan bahan aluminium. Dan mengganti baut pengikat dengan yang lebih panjang. Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: