Sejarah Permotoran Saya

Akhirnya baru sempet nulis lagi dikarenakan adanya editan video yang belum selesai dan UTS. Postingan saya kali ini bakalan membahas tentang sejarah motor yang pernah saya pakai. Keluarga saya, sebelum tahun 2005, tidak mempunyai sepeda motor, karena tidak ada yang sempat dan mau mengendarai kendaraan yang mempunyai dua buah roda tersebut. Pada tahun 2004, saya cukup “ngiri” dengan teman sepantaran saya yang sudah lancar mengendarai sepeda motor. saat saya berusia 12 tahun, saya nekad belajar sepeda motor di kampung Ibu saya, di Bojonegoro, Jawa Timur. Pada saat pertama kali belajar, saya menggunakan Suzuki Tornado kepunyaan inventaris toko yang dimiliki oleh Ibu saya

1. Suzuki Tornado (2002 – 2009)

  • Dibeli sekitar tahun 2001-2002an (agak lupa)
  • Sebagai inventaris toko Ibu saya di Bojonegoro, Jawa Timur
  • Dijual tahun 2009 karena “umur”

url-1

Ilustrasi Gambar motor. Boleh nyomot via Mbah Google 😀

Rasanya saat pertama kali mengendarai motor ini adalah Berat!. Karena sebelumnya saya pengendara Sepeda, jadi harap maklum 😀 . Saat pertama kali mencoba mengendarai, saudara sepupu saya, mas bowo, senantiasa mengawasi saya di jok belakang. Saat pertama kali mengendarai, saya hampir menabrak motor yang sedang jalan berlawanan arah. Sialnya lagi, Bapak sayasedang berada didekat TKP, alhasil saya dimarahin habis-habisan. setelah Kejadian tersebut, selama 1 minggu saya tidak berani lagi belajar sepeda motor. Namanya juga anak laki-laki, saya seminggu kemudian belajar lagi naik sepeda motor, tetapi  tetap diawasi oleh saudara sepupu saya 😀

2. Yamaha Jupiter Z (2005 – 2006)

  • Dibeli pada bulan Februari 2005
  • Motor Paling bersejarah
  • Dijual pada bulan November 2006

2012-03-12 21.34.43

14102006(003)

Yamaha Jupiter Z, yap motor yang iklannnya lumayan geger karena di dalam iklan yang dibintangi Komeng tersebut, mindset yang ditanamkan oleh yamaha kepada khalayak  adalah “motor ini kencang”  sampai sampai ada lelucon pada saat dulu adalah setiap pakai motor ini, pasti beli baju baru 😀

Motor ini dibeli oleh orang tua saya pada bulan Februari 2005, dan motor ini adalah motor pertama kali non-niaga yang ada di keluarga saya dan di Jakarta. Pada saat itu, saya dilarang membawa terlalu jauh (dikarenakan belum cukup umur). Motor ini juga yang mengantarkan saya dalam proses mengendarai motor secara lancar di usia yang cukup belia, 13 tahun 😀

Motor ini juga merupakan eksperimen modifikasi saya pada saat zaman saya “Alay” 😀  berbagai kenangan dalam mengendarai motor ini sangat banyak dan tidak bisa disebutkan satu persatu disini. motor ini dijual kepada om saya, pada bulan November 2006, karena keluarga saya membeli motor baru.

3. Honda CBR 150 R  (2006 – 2009)

  • Dibeli pada bulan oktober tahun 2009
  • Hilang pada bulan Juni 2009

29052009008

Setelah mengendarai Jupiter, orang tua saya membelikan sebuah motor yang sangat saya sukai, yaitu Honda CBR 150R. Pada awalnya, saya sangat menginginkan Suzuki Satria F 150, tetapi orang tua saya tidak mengizinkan saya, sampai suatu saat, ketika sedang berbelanja di ITC Cempaka Mas, orang tua saya melihat sebuah Honda CBR 150R dan melihat lihat sebentar, tidak lama setelah itu, Ibu saya menawarkan saya motor tersebut, apakah mau atau tidak, saya bingung sekali, pada saat itu, saya dillema sekali, dan beberapa hari kemudian, saya memutuskan untuk memilih motor ini sebagai tunggangan saya

Setelah motor ini sampai dirumah, saya beradaptasi ulang dengan motor ini, karena saya belum lancar mengendarai motor kopling pada saat itu. Hari demi hari, saya melewati hari-hari dari masa-masa suram sampai masa-masa indah SMA bersama motor ini, dan dalam hati saya berkata, bahwa motor ini tidak akan saya lego sampai saya berkeluarga nanti, namun apa mau dikata, motor ini hilang saat dirumah satu jam setelah saya pulang 😦 jika para pembaca tahu keberadaan motor saya, dengan Plat Nomer B 6171 TJD, harap beritahu saya yah 😀

4. Yamaha Mio ( 2007 – 2012)

  • Dibeli pada Bulan Februari 2007
  • Motor harian keluarga saya
  • Dijual pada bulan maret 2012

2012-02-02 18.44.59 Thai's style

Motor ini merupakan motor paling “alay” yang pernah saya punya :D. bisa dilihat, ban yang digunakan, ban cacing yang tingkat keamanannya sangat riskan dalam berkendara. motor ini dibeli dengan tujuan untuk mengantarkan orangtua saya untuk ke pasar karena dek depannya sangat lega. Motor ini sempat dibawa ke kampung pada tahun 2009 sebagai pengganti yamaha tornado yang sudah dijual pada saat itu dan keluarga saya membelikan saya sebuah Honda Vario sebagai pengganti Yamaha Mio di rumah

5. Honda Vario ( Mar 2009 – Jun 2009)

  • Dibeli pada bulan Maret 2009
  • Motor paling singkat yang pernah dimiliki
  • Hilang pada bulan Juni 2009

IMG_1472 IMG_1470

Motor ini adalah motor paling singkat yang dimiliki keluarga saya, hanya 3 bulan. motor ini adalah motor yang paling tidak berkesan dalam saya, karena sayapun jarang mengendarai. km yang ditempuh pada saat sebelum hilang, hanya 1200-an km.

Motor ini hilang bersama Honda CBR saya pada bulan Juni 2009.  Maling memang tak punya hati, tidak menyisakan saya satu motorpun sebagai inventaris saya dalam menghadapi tes masuk perguruan tinggi negeri.

6. Honda Vario ( 2009- 2013)

  • Dibeli pada bulan juni 2009
  • sebagai pengganti vario yang hilang

IMG_8405

setelah tiga hari mondar-mandir mengurus surat blokir dari kepolisian, dengan muka yang suram saya pulang kerumah, berharap motor kembali kerumah saya, saat membuka pagar, alangkah kagetnya saya melihat sebuah motor yang ditutupi kain terpal, saya pikir motor telah kembali, tetapi alangkah kagetnya  ternyata ini motor yang beda dengan kondisi yang baru. di dalam hati, saya sungguh kecewa, tapi orangtua saya sangat perduli dengan saya, apalagi beberapa hari kedepan saya akan menghadapi tes masuk PTN, yang membutuhkan kendaraan yang super praktis dan cepat.

Saya memakai motor ini lebih dari empat tahun untuk mondar-mandir dari Pulogadung-Depok dan motor ini cukup kuat dan saya pernah sampai satu setengah tahun lho motor ini gak diganti olinya 😀 (jangan ditiru)

Motor ini telah berpindah tangan kepada tetangga saya pada bulan agustus 2013.

7. Kawasaki Ninja 250 (2009 – sekarang)

  • Dibeli pada bulan September 2009
  • Motor yang paling besar yang saya pakai selama ini
  • Masih ada sampai sekarang
  • Motor paling lama yang saya pakai

IMG_0066

Motor ini adalah motor paling besar yang pernah saya miliki. Motor ini ada “ditangan” saya pada saat umur 17 tahun. Motor ini menurut saya motor yang sangat bandel, jarang rewel di bagian mesinnya. Sekarang motor ini statusnya sebagai motor simpanan, karena saya sendiripun sekarang jarang memakainya 😀

8. Piaggio Vespa LX 150 3v ie (2013-sekarang)

IMG_0796

Saya memilih Vespa sebagai kendaraan harian pengganti Vario, dikarenakan bodinya yang lebih pendek, sehingga bisa “nyelip-nyelip” dengan mudah di daerah Sudirman. Selain itu, motor ini juga dilengkapi dengan immobilizer yang membuat kendaraan ini semakin susah dicuri (bukan berarti gak bisa dicuri)

Jerryadipradian@gmail.com

Tags: , , , , , , , , , ,

Leave a Reply

