Kesan-Kesan Selama Setahun dengan Vespa LX 150

Processed with VSCOcam with lv03 preset

 

Tidak terasa, Vespa LX saya sudah menginjak satu tahun dan dibulan oktober ini, si vespa telah berjalan lebih dari 6000km. Motor ini sebenarnya tidak pernah dibuat jalan terlalu jauh, mentok-mentok pernah ke Bogor kota, itu juga sekali doing.

 

IMG_0777

 

Kesan-kesan selama setahun

Vespa saya sudah menganut 3 klep. Motor ini tarikan awalnya cukup responsif dan bodinya cenderung pendek, cocok banget mendampingi saya menuju ke kampus di daerah sudirman yang macetnya minta ampun. Hal yang paling gak enak dari motor ini, yaitu panas berlebih di sekitar area mesin bagian kiri. Selain itu posisi jok yang cenderung tinggi dan lebar membuat kedua kaki tidak menapak secara sempurna ke kaki.

IMG_0778

 

Problem selama setahun

Tidak ada satu motorpun yang tidak mengalami masalah, begitu juga dengan Vespa saya. Dalam setahun belakangan, vespa saya cukup banyak masalahnya, mulai dari:

* engine stalling (masalah wajar di vespa)

* CVT getar

* lampu sein yang mati dua kali

* baut ilang-ilangan, dll.

Dan masalah paling terakhir yang baru saya alamin dan bikin jengkel yaitu motor bener bener gak kuat starter. akhirnya hari itu juga, saya terpaksa merogoh kocek untuk membeli aki seharga 450 ribu. Setelah itu, akhirnya saya coba pasang akinya di motor, masalah baru muncul, vespa saya terus menerus โ€œnyetaterโ€ meskipun kunci kontak sudah dilepas. Akhirnya keeseokan harinya saya bawa motor ke piaggio pemuda (dorong dari rumah)

IMG_0787

 

Setelah diselidiki oleh mekaniknya, ternyata remote control switch meleleh, dan singkat cerita saya beli baru sama sekalian vespanya diservis juga (ganti oli mesin, cvt, ganti lampu depan sama lampu sein).

IMG_0837

IMG_0838

Total biaya dari kejadian tersebut adalah sekitar satu juta rupiah (termasuk beli aki baru). Cukup mencekak buat mahasiswa kere seperti saya ini ๐Ÿ˜ฆ

 

IMG_0796

ย 

Sempat Kepikiran Mau Ngejual

Setelah urusan bengkel selesai, sempat terbesit dipikiran saya untuk โ€œmemindah tangankanโ€ motor saya yang satu ini. Tetapi, harga pasarannya bikin sakit hati setelah liat harga di kaskus ๐Ÿ˜€ . Yaudahlahโ€ฆโ€ฆ

ย 

Kesimpulan

Vespa adalah motor yang tidak terlalu cocok untuk mahasiswa kere seperti saya ini ๐Ÿ˜€

ย 

jerryadipradian@gmail.com

ย 

Advertisements

16 responses to “Kesan-Kesan Selama Setahun dengan Vespa LX 150”

  1. gc133hijrah says :

    Ternyata masih lebih baik motor Jepang…..
    Ane pernah punya motor italia
    vespa px
    juga motor india, TVS…
    Keduanya bikin ane patah hati….
    Jadi sekarang ane kembali ke Japan product, meskipun ga dibuat di jepang, tapi kualitasnya ga terlalu nyusahin…..

  2. Kobayogas says :

    Buseedd itu troubleee…. Banyak amir yak…engine stall smpt juga ay alamin di Primavera… Kekekekeke

  3. vesfun says :

    Bulan 10 ini scooter sy juga setahun. Sekali trouble di injector, penyebabnya libas jalan yang tidak rata, bukan lubang ya, kalau lubang pastinya scooter akan jungkir balik, hehe..
    Trus trip km sudah 11,150. Ganti oli mesin baru 1 kali, ganti oli hub baru 1 kali, ganti back lamp 1 kali, kampas rem depan 1 kali. Iseng ganti roller sekali, tapi tak terpakai, mubazir ya, lebih pas asli nya. Per sentri aja yg diganti, 1500 rpm lokalan, yg ini baru pas, getar awal lumayan berkurang. Intinya sektor cvt mesti jadi perhatian utama, karena kotor sedikit sangat berpengaruh pada performa skuter. Oh Iya bebersih cvt juga baru sekali di Beres Kr Jati, selebihnya DIY broo.. maklum saya juga termasuk karyawan dengan gaji yang pas pas an.
    Jam klayapan skuter saya paling jauh ke Kebun Raya Cibodas. Dua kali diajak soft off road arah Jonggol via Mengker – Gn Batu-Pines-Kota Bunga Cipanas. Pastinya setelah ganti box ember bagasi, kalau tak, bisa bisa injector trouble lagi. Selebihnya jadi kuda harian. sekali accident, skuter terpelanting gara gara ngerem depan mendadak persis diatas marka jalan, sakittt…. demikian Sob, makasih.

  4. andre says :

    om mau nanya2 dong, soalnya saya berniat utk beli vespa lx. Kalo sekali service itu kira2 abis brp duit ya?

    • jerryadipradian says :

      Boleh ๐Ÿ˜€

      Kalo saya kan yang seri 3v, jadi olinya sekitar 1.3 liter, jadi saya beli 2 botol. Seliternya sekitar 70 ribu kalo gak salah.

      Jadi kira kira, sekali servis antara 200 sampe 300 ribu lah

    • yunus says :

      Klo pwngalaman ane.. jasa servis biasa 63000 tapi kalo service cvt bisa tba 63000 sama oli ane bawa sendiri.. paling ane kena 130000 gan… tapi kalo ganti ini itu.. sama kaya motor vario ane bisa lebih dari 500.. kalo cvt nya harus serba diganti.. masalah geter2 mah ane dah tau gan selahnya.. punya ane klo dijalan sliwer2… mulurrrr tarikannya…

  5. alif prabowo says :

    mantap bro. intinya mah vespa motor ringkih ye bro, mesti terus terusan di dandanin, sparepart mahal, aksesoris apalagi…
    motor gue pernah di gas tapi mati idup mati idup gitu bro kaya keabisan bensin. itu kenapaya kira-kira? btw gue pake lx 2v bro, mohon pencerahannya..
    soal oli harga 70 ribuan itu merk apa? gue biasa pake agip di bengkel resmi diatas itu harganya bro.

    • jerryadipradian says :

      Hehehe
      Ringkih sih enggak, tapi butuh perhatian ekstra aja sih (sama aja) ๐Ÿ˜‚๐Ÿ˜‚๐Ÿ˜‚

      Kalo sering mati hidup sih biasanya masalahnya ada di settingan ecu-nya sih, coba ke bengkel aja, minta setting ulang ecu-nya. Gue pernah kayak gitu juga soalnya

      Kalo masalah oli, gue sekarang lagi pake enduro racing 10w, lebih murah (45 ribu) dan sampe sekarang gak ada masalah di vespa gue sih ๐Ÿ˜‚๐Ÿ˜‚

  6. jappp says :

    Lau di lspr?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: